Sunnah yang Terabaikan: Menghidupkan Tradisi Rasulullah SAW yang Terlupakan

Sahabat yang Di Mulikan Oleh Allah, alhamdulillah kita telah diberikan kehidupan yang indah dan kesempatan untuk memperoleh ketidaknyamanan yang bisa membawa kita lebih dekat kepada-Nya. Dalam menjalankan agama Islam, terdapat banyak aspek yang harus kita perhatikan, salah satunya adalah sunnah yang terabaikan.

Sunnah yang terabaikan merujuk pada tindakan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW namun sering diabaikan oleh umat Islam dalam kehidupan sehari-hari. Penting bagi kita untuk menghidupkan kembali sunnah-sunnah ini, karena Nabi Muhammad SAW sendiri telah memberikan contoh terbaik dalam menjalankan agama Islam.

Menghidupkan Sunnah Wudhu dan Shalat

Kesunnahan Menghirup Air di Hidung dan Berkumur

Sunnah yang terabaikan yang harus kita perhatikan adalah menghirup air kehidung dan berkumur saat berwudhu. Hal ini merupakan tindakan yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW sebagai bagian dari kebersihan secara menyeluruh saat melakukan wudhu. Rasullulah SAW bersabda, “Apabila salah seorang dari kalian berwudhu, maka berhati-hatilah hendaklah kalian menyempurnakan wudhunya, lalu hendaklah kalian menghirup air ke hidung dan kumurlah.” (HR. Ibnu Majah)

Selain itu, kita juga harus memperhatikan sunnah-sunnah yang terabaikan lainnya dalam berwudhu, seperti mencuci kedua tangan sampai siku, membersihkan gigi, dan sebagainya. Dengan menghidupkan sunnah-sunnah wudhu ini, kita dapat memperoleh keutamaan dan keberkahan dalam ibadah kita.

Menunaikan Shalat Sunnah Rawatib

Shalat sunnah rawatib adalah shalat sunnah yang dilakukan sebelum atau sesudah shalat fardhu. Kurangnya pemahaman dan pengetahuan mengenai hal ini membuat banyak umat Islam mengabaikan shalat sunnah rawatib. Padahal, shalat sunnah ini memiliki keutamaan dan pahala yang besar.

Selain shalat sunnah rawatib sebelum dan sesudah shalat fardhu, juga terdapat shalat sunnah lainnya seperti shalat sunnah Dhuha dan shalat sunnah Tahajjud. Menghidupkan sunnah-sunnah ini akan menjadikan hari-hari kita lebih produktif dan diiringi dengan keberkahan dari Allah SWT.

Menghidupkan Sunnah Berbakti kepada Orang Tua

Menjaga Silaturahim dan Menghormati Orang Tua

Menghidupkan sunnah berbakti kepada orang tua adalah tindakan yang sering terabaikan, padahal Nabi Muhammad SAW telah menekankan pentingnya hubungan yang baik dengan orang tua. Rasulullah SAW bersabda, “Ridho Allah terletak pada ridho orang tua dan murka Allah terletak pada murka orang tua.”

Kita harus menjaga silaturahim dengan orang tua dan senantiasa menghormati mereka. Menghabiskan waktu bersama mereka, membantu mereka dalam kegiatan sehari-hari, dan mendoakan mereka adalah bagian dari berbakti kepada orang tua yang telah dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Merawat Orang Tua yang Sudah Tua

Selain menjaga silaturahim dan menghormati orang tua, merawat orang tua yang sudah tua juga merupakan bagian dari sunnah yang terabaikan. Menurut Islam, merawat orang tua yang sudah tua merupakan bentuk ibadah dan amalan yang sangat dianjurkan. Hal ini dilakukan sebagai wujud kasih sayang dan rasa syukur kita kepada orang tua yang telah membimbing kita sepanjang hidup.

Kita harus memberikan perhatian dan perawatan yang baik kepada orang tua kita. Ini meliputi memberikan makanan yang sehat, menyediakan tempat yang nyaman untuk tinggal, dan menjaga kesehatan mereka dengan mengantarkan mereka ke dokter jika diperlukan. Dengan menghidupkan sunnah berbakti kepada orang tua ini, kita akan mendapatkan pahala besar dan juga menyebarkan kebaikan dalam keluarga kita.

Menghidupkan Sunnah Menjaga Lingkungan Hidup

Menjaga Kebersihan dan Menghindari Pemborosan

Sunnah menjaga lingkungan hidup seringkali terabaikan dalam kehidupan sehari-hari. Padahal, Allah SWT telah melarang umat Muslim untuk mencemari dan merusak lingkungan. Nabi Muhammad SAW juga mengajarkan kita untuk menjaga kebersihan dan menghindari pemborosan dalam segala aspek kehidupan.

Contohnya, mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, menggunakan air dengan bijak, dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Dengan menghidupkan sunnah menjaga lingkungan hidup, kita menjunjung tinggi kebaikan dan menebarkan keberkahan dalam setiap langkah yang kita ambil.

Frequently Asked Questions

1. Mengapa sunnah yang terabaikan perlu dihidupkan kembali?

Sunnah yang terabaikan perlu dihidupkan kembali karena itu merupakan contoh terbaik yang diberikan oleh Nabi Muhammad SAW dalam menjalankan agama Islam. Dengan menghidupkan kembali sunnah-sunnah ini, kita mendapatkan berkah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

2. Bagaimana cara menghidupkan kembali sunnah yang terabaikan?

Cara menghidupkan kembali sunnah yang terabaikan adalah dengan mempelajari sunnah-sunnah tersebut melalui kitab-kitab hadis dan mencoba mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsistensi dan kesungguhan dalam menjalankan sunnah-sunnah ini akan membawa keberkahan dalam kehidupan kita.

3. Apa saja sunnah yang terabaikan yang seringkali dilupakan oleh umat Muslim?

Beberapa contoh sunnah yang terabaikan adalah sunnah wudhu dan shalat, sunnah berbakti kepada orang tua, sunnah menjaga lingkungan hidup, serta sunnah-sunnah lainnya yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

4. Apa manfaat menghidupkan sunnah yang terabaikan?

Menghidupkan sunnah yang terabaikan memberikan manfaat dalam kehidupan kita, seperti mendekatkan diri kepada Allah SWT, mendapatkan pahala, dan mendapat keberkahan dalam setiap langkah yang kita ambil.

Kesimpulan

Sahabat yang Di Mulikan Oleh Allah, menghidupkan kembali sunnah-sunnah yang terabaikan adalah tindakan yang sangat penting dalam menjalankan agama Islam. Dengan mengamalkan sunnah-sunnah ini, kita akan mendapatkan keberkahan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Mari kita tingkatkan pengetahuan kita tentang sunnah-sunnah yang terabaikan dan berupaya untuk mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Jangan biarkan sunnah-sunnah ini terlupakan dan menjadi bagian dari kehidupan pribadi kita yang penuh keberkahan.

Untuk informasi lebih lanjut tentang sunnah-sunnah yang terabaikan dan bagaimana menghidupkannya, silakan baca artikel kami “10 Sunnah yang Terabaikan yang Harus Kita Amalkan” di link berikut: [insert link to other article]

Salam Hormat,

[Your Name]

Leave a Comment