Mendudukkan Hadits Shaum 9 Hari Dzulhijjah: Menelusuri Keutamaan Ibadah Puasa di 9 Hari Terakhir Bulan Dzulhijjah

Sahabat Yang Di Muliakan Oleh Allah, selamat datang di artikel ini yang akan membahas mengenai keutamaan ibadah puasa di 9 hari terakhir bulan Dzulhijjah berdasarkan hadits Shaum 9 Hari Dzulhijjah. Dalam artikel ini, kita akan menelusuri makna, tata cara, dan manfaat puasa di 9 hari terakhir bulan Dzulhijjah.

Sebelum masuk ke pembahasan lebih lanjut, mari kita tengok hadits dan ayat Al-Qur’an yang mengatur tentang puasa di 9 hari terakhir bulan Dzulhijjah:

Hadits Shaum 9 Hari Dzulhijjah:

Diriwayatkan dari Abu Qatadah ra, ia berkata, “Rasulullah Saw. ditanya tentang shaum (puasa) bulan Muharram. Beliau Saw. menjawab Ya, puasa Muharram ini menghapus dosa setahun yang lalu”. (HR. Muslim).

Al-Qur’an tentang Puasa di 9 Hari Terakhir Dzulhijjah:

Allah Swt. berfirman dalam Al-Qur’an Surat Al-Fajr ayat 1-2, “Demi Fajar, dan sepuluh hari” yang dalam tafsirnya mengarah pada sepuluh hari terakhir bulan Dzulhijjah.

Makna dan Keutamaan Shaum 9 Hari Dzulhijjah

Makna Shaum 9 Hari Dzulhijjah

Puasa di 9 hari terakhir bulan Dzulhijjah merupakan ibadah yang bernilai sangat tinggi di dalam agama Islam. Ibadah puasa ini dilakukan sebagai upaya mendekatkan diri kepada Allah Swt. dan mendapatkan keberkahan di akhir tahun hijriah.

Shaum 9 Hari Dzulhijjah juga memiliki makna mendalam yang mengingatkan kita akan momen-momen penting dalam riwayat agama seperti peristiwa Nabi Ibrahim as. yang bersedia mengorbankan putranya Ismail as. sebagai tanda ketaatan kepada Allah Swt.

Keutamaan Shaum 9 Hari Dzulhijjah

Puasa di 9 hari terakhir bulan Dzulhijjah memiliki berbagai keutamaan yang tidak boleh kita lewatkan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Menghapuskan dosa setahun yang lalu berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Qatadah ra. di atas.

2. Mendekatkan diri kepada Allah Swt. dan menyucikan hati serta niat di akhir tahun hijriah.

3. Menambah pahala dan keberkahan di hari-hari besar agama Islam seperti Hari Raya Idul Adha.

Tata Cara dan Amalan Shaum 9 Hari Dzulhijjah

Tata Cara Shaum 9 Hari Dzulhijjah

Untuk menjalankan puasa di 9 hari terakhir bulan Dzulhijjah, berikut adalah tata cara yang dapat Sahabat ikuti:

1. Menentukan niat secara khusus untuk menjalankan ibadah puasa di 9 hari terakhir bulan Dzulhijjah.

2. Mulai berpuasa sejak fajar hingga terbenamnya matahari di setiap hari dalam periode 9 hari terakhir bulan Dzulhijjah.

3. Meningkatkan amalan ibadah lainnya seperti sholat tahajud, membaca Al-Qur’an, dan berzikir guna mendapatkan pahala yang berlipat ganda di periode yang istimewa ini.

Amalan Pilihan di 9 Hari Terakhir Dzulhijjah

Selain berpuasa, Sahabat juga dapat menambah amalan lainnya dalam menjalani 9 hari terakhir bulan Dzulhijjah. Beberapa amalan pilihan yang dapat Sahabat lakukan adalah sebagai berikut:

1. Melakukan sholat sunnah Rawatib sebanyak mungkin.

2. Membaca Al-Qur’an secara intensif.

3. Mendoakan umat dan diri sendiri agar dijauhkan dari semua bencana dan kesulitan.

FAQ Mengenai Shaum 9 Hari Dzulhijjah

Q: Mengapa puasa di 9 hari terakhir bulan Dzulhijjah dianjurkan?

A: Puasa di 9 hari terakhir bulan Dzulhijjah dianjurkan karena memiliki keutamaan yang besar, seperti menghapuskan dosa setahun yang lalu dan mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Q: Apakah puasa di 9 hari terakhir bulan Dzulhijjah wajib?

A: Puasa di 9 hari terakhir bulan Dzulhijjah tidak termasuk dalam kewajiban agama Islam, namun sangat dianjurkan untuk dilakukan.

Q: Bagaimana jika seseorang tidak mampu berpuasa penuh di 9 hari tersebut?

A: Jika seseorang tidak mampu berpuasa penuh di 9 hari terakhir bulan Dzulhijjah, Sahabat dapat berpuasa sebagian hari atau melakukan puasa sunnah lainnya.

Q: Apakah wanita hamil atau menyusui dapat berpuasa di 9 hari terakhir bulan Dzulhijjah?

A: Keputusan untuk berpuasa di 9 hari terakhir bulan Dzulhijjah bagi wanita hamil atau menyusui dapat dikonsultasikan dengan dokter dan ulama sesuai kondisi individu masing-masing.

Kesimpulan

Demikianlah artikel ini yang membahas mengenai keutamaan ibadah puasa di 9 hari terakhir bulan Dzulhijjah berdasarkan hadits Shaum 9 Hari Dzulhijjah. Puasa di 9 hari terakhir bulan Dzulhijjah adalah kesempatan emas untuk mendapatkan pahala dan keberkahan di akhir tahun hijriah. Semoga kita semua dapat melaksanakan ibadah puasa ini dengan penuh keikhlasan dan mendapatkan manfaat yang besar. Ayo, jangan lewatkan kesempatan ini untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai ibadah dan materi Islam lainnya, silakan kunjungi artikel lainnya di situs kami.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi Sahabat semua. Jazakumullah khairan. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Jika Anda ingin membaca artikel menarik lainnya, Anda dapat membaca salah satu artikel dari json array berikut:

Leave a Comment