Hukum Dzikir Istighatsah Berjamaah: Memperoleh Berkah dari Doa Bersama dalam Kesulitan

Sahabat yang di Mulikan Oleh Allah,

Selamat datang di artikel ini yang akan mengupas tentang hukum dzikir istighatsah berjamaah. Sebagai seorang yang memiliki pengalaman dalam mempelajari dan mengamalkan hukum dzikir istighatsah berjamaah, saya senang bisa berbagi pengetahuan ini denganmu.

Terdapat hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud dalam kitab Sunannya, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Akan muncul suatu kaum dari keturunan saya, yang amalan dan bacaan mereka lebih baik dari pada amalan dan bacaanmu. Namun kami Rasulullah lebih dicintai oleh Allah dibanding mereka. Karena itulah Allah mencintai kalian.”

Di dalam al-Qur’an juga terdapat beberapa ayat yang menjelaskan tentang keutamaan dzikir di dalam Islam. Salah satunya adalah Surat Al-Ahzab ayat 41-42, yang berbunyi, “Hai orang-orang yang beriman, ingatlah Allah dengan banyak mengingat-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang. Dialah yang memberkatimu, begitu pula malaikat-malaikat-Nya, agar Dia men-[[Ketika Turun Hujan mukimu dari dalam gelap menuju cahaya, Dialah yang mencintai orang-orang yang berbuat kebajikan. Mereka-lah orang-orang yang selalu berada dalam rahmat-Nya.

Mengenal Hukum Dzikir Istighatsah Berjamaah

1. Pengertian Dzikir Istighatsah Berjamaah

Dzikir istighatsah berjamaah merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Istighatsah berarti memohon pertolongan kepada Allah, sedangkan dzikir adalah perbuatan mengingat dan mengungkapkan kebesaran-Nya. Jadi, dzikir istighatsah berjamaah adalah bentuk pengabdian kepada Allah dalam bentuk doa yang diucapkan secara berjamaah untuk memohon pertolongan-Nya dalam menghadapi kesulitan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam seringkali memintakan pertolongan kepada Allah dalam keadaan sulit dengan cara berdzikir istighatsah berjamaah bersama para Sahabatnya. Beliau dan para Sahabat sering berkumpul untuk melakukan dzikir istighatsah berjamaah baik saat dihadapkan dengan bencana, perang, atau hal-hal lain yang memerlukan pertolongan Allah.

2. Keutamaan dan Manfaat Dzikir Istighatsah Berjamaah

Dzikir istighatsah berjamaah memiliki banyak keutamaan dan manfaat yang dapat kita peroleh. Diantaranya adalah:

  • Memperkuat ikatan persaudaraan antar Muslim, karena dzikir istighatsah berjamaah dilakukan secara langsung bersama-sama.
  • Menghadirkan keberkahan dan perlindungan Allah di tengah kesulitan dan musibah.
  • Memberikan ketenangan hati dan jiwa, serta meningkatkan iman dan ketaqwaan kepada Allah.
  • Membiasakan diri dengan mengingat Allah dalam setiap kesulitan, sehingga meningkatkan kesadaran akan ketergantungan kita kepada-Nya.
  • Memperoleh pahala besar karena kelakukan ini merupakan amalan yang sangat dianjurkan dan dicintai oleh Allah.

Pelaksanaan Dzikir Istighatsah Berjamaah yang Benar

1. Tempat dan Waktu yang Tepat

Dzikir istighatsah berjamaah dapat dilakukan di masjid atau di tempat khusus yang disediakan bagi umat Muslim. Selain itu, tentukan waktu yang paling cocok, seperti setelah shalat Jumat atau setelah shalat malam. Pilihlah saat yang hening dan tenang agar kita dapat khusyuk dalam berdzikir kepada Allah.

2. Memahami Niat dan Hikmah di Balik Dzikir Istighatsah Berjamaah

Saat menjalankan dzikir istighatsah berjamaah, kita harus memahami niat kita dalam berdzikir dan memahami bahwa setiap lafazh yang kita ucapkan adalah bentuk permohonan tolong kepada Allah. Selain itu, perlu diingat bahwa dzikir istighatsah berjamaah adalah salah satu sarana untuk menjalin silaturahmi dengan sesama umat Muslim.

3. Mengikuti Tata Cara yang Dianjurkan

Dalam menjalankan dzikir istighatsah berjamaah, ada beberapa tata cara yang dianjurkan agar dapat mendapatkan keberkahan dan manfaat yang maksimal. Beberapa tata cara tersebut antara lain adalah:

  • Mengawali dzikir dengan membaca basmalah, kemudian membaca shalawat kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.
  • Mengulang-ulang lafazh dzikir yang diucapkan secara berulang-ulang, sesuai dengan yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.
  • Menjaga kesucian hati dan pikiran serta fokus dalam berdzikir tanpa terganggu oleh hal-hal yang lain.

Pertanyaan Umum tentang Dzikir Istighatsah Berjamaah

1. Apakah Dzikir Istighatsah Berjamaah hanya bisa dilakukan di masjid?

Tidak, dzikir istighatsah berjamaah dapat dilakukan di masjid maupun di tempat lain yang disediakan khusus untuk ibadah berjamaah.

2. Bagaimana cara mendapatkan keberkahan dan manfaat maksimal ketika melaksanakan dzikir istighatsah berjamaah?

Untuk mendapatkan keberkahan dan manfaat maksimal, lakukanlah dzikir istighatsah berjamaah dengan penuh khusyuk, usahakan untuk menjaga hati dan pikiran tetap bersih, serta ikuti tata cara yang dianjurkan.

3. Apakah ada hadits yang menganjurkan umat Muslim melakukan dzikir istighatsah berjamaah pada waktu-waktu tertentu?

Tidak ada hadits yang menganjurkan umat Muslim melakukan dzikir istighatsah berjamaah pada waktu-waktu tertentu. Namun, umat Muslim dianjurkan untuk melaksanakan dzikir istighatsah berjamaah setiap kali dihadapkan dengan kesulitan atau musibah.

4. Apakah dzikir istighatsah berjamaah dapat dilakukan oleh perempuan?

Tentu saja, dzikir istighatsah berjamaah dapat dilakukan oleh perempuan asalkan menjaga aturan-aturan yang ada dalam agama Islam terkait dengan peribadatan dan pergaulan yang baik antara laki-laki dan perempuan.

Kesimpulan

Sahabat yang di Mulikan Oleh Allah, itulah penjelasan lengkap tentang hukum dzikir istighatsah berjamaah. Melalui dzikir istighatsah berjamaah, kita dapat memohon pertolongan dan membentuk tali silaturahim antara sesama Muslim. Jangan lupa untuk selalu melaksanakan dzikir istighatsah berjamaah dengan penuh keyakinan dan khusyuk, serta tetap berdoa kepada Allah dalam setiap kesulitan yang kita hadapi.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa membaca artikel-artikel lain yang tersedia di situs ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi panduan bagi kita semua dalam menjalankan dzikir istighatsah berjamaah dengan baik. Salam sejahtera dan sampai jumpa!

Jangan lupa untuk membaca salah satu artikel dari daftar berikut ini: [“”]

Leave a Comment